Tips Dan Trik

4 Cara Membersihkan Kulkas Yang Benar

Posted On
Posted By admin

Kulkas adalah tempat makanan yang harus senantiasa dijaga kebersihannya. Akan tetapi, tidak jarang kita memperlakukannya secara kurang tepat, terlebih ketika membersihkannya. Selain tidak optimal, kulkas justru mudah rusak jika kita tidak tahu cara menghilangkan kotoran di dalamnya. Jadi, untuk perawatan yang baik, berikut Tehnogadget sajikan cara membersihkan kulkas yang benar.

Membersihkan kulkas tentu berbeda dengan membersihkan lantai karena kulkas merupakan alat rumah tangga yang mengandalkan listrik sebagai tenaganya sehingga harus dengan perlakuan khusus. Selain bersih, dengan perlakuan yang tepat, pembersihan kulkas dapat menjaga keawetan dalaman kulkas. Adapun langkah-langkahnya adalah:

Putus Aliran Listrik

Sebelum membersihkan kulkas, cabut steker dari stok kontak agar aliran listrik tidak masuk ke kulkas. Selain menghindari kejut listrik yang mungkin saja terjadi, membuka pintu kulkas yang agak lama dalam proses pembersihan akan memaksa kulkas bekerja ekstra dan tentu akan tidak bagus untuk keawetan atau daya tahan alat ini.

Keluarkan Semua Isi

Setelah listrik tidak ada, keularkan semua isi dalam kulkas, baik yang ada di rak maupun freezer. Khusus dalam freezer yang umumnya terdapat es beku atau bunga-bunga es, biarkan meleleh dengan sendirinya dan jangan mencoba mencongkelnya dengan benda-benda tajam karena akan merusak lapisan pendingin. Agar tetap steril, letakkan isi kulkas pada tempat yang higienis.

Lepas Semua Rak

Agar pembersihan maksimal, lepaskan semua rak yang menempel di kulkas. Ingat, pastikan sobat menguasai cara melepas rak tersebut, yang umumnya ada di buku panduan, karena jika dipaksa, bisa saja body kulkas yang rusak atau pecah terkena tekanan tangan sobat. Lihat sistem penguncian setiap rak agar dalam melepasnya, sobat tidak harus memberi tekanan berlebih.

Bersihkan Dengan Kanebo dan Kain Kering

Setelah semua rak lepas, ambil lap sejenis kanebo dengan lebih dahulu diperas agar air tidak menetes membasahi bagian yang riskan seperti lampu dan jalurnya. Seka pelan-pelan sesuai permukaan yang ada dan  pastikan semua sudut dapat sobat jangkau. Akhirnya, lap dengan kain kering agar pembersihan dapat sempurna.

Itulah cara membersihkan kulkas yang benar versi Tehnogadget. Tentu dalam membersihkan alat listrik yang berharga mahal seperi kulkas, kita tidak hanya ingin hasil yang memuaskan dan sedap dipandang, akan tetapi juga bagaimana alat tersebut tetap awet dan terus memberi kita kesegaran. Semoga bermanfaat, salam.

leave a Comment