5 Manfaat Diet Buah-buahan yang Perlu Kamu Tahu!

Diet buah-buahan atau fruitarian diet adalah salah satu jenis pengaturan pola makan vegan yang sangat ketat. Menurut situs Healthline, program diet ini fokus pada konsumsi buah-buahan mentah. Selain itu, orang yang diet buah-buahan juga cukup umum mengonsumsi sayuran, buah-buahan kering, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Memang, apa, sih, manfaat dari program diet ini? Biarpun sudah punya perlindungan kesehatan dari asuransi syariah di Indonesia, tak ada salahnya tahu tentang informasi ini, bukan? Simak detailnya berikut ini:

  1. Bantu kurangi kolesterol. Manfaat diet buah-buahan yang pertama adalah membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh. Keuntungan ini akan kamu dapatkan dari buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi. Beberapa contoh buah yang kaya akan serat adalah apel, pir, blackberries, dan Selain itu, buah-buahan tinggi serat ini juga bisa memperlancar siklus buang air kamu, lho.
  2. Jaga gigi dan gusi tetap sehat. Manfaat kedua dari diet buah-buahan adalah potensi menjaga kesehatan gigi dan gusi. Menurut situs Healthline, manfaat ini datang dari buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, stroberi, juga sayuran paprika merah. Tak hanya itu, vitamin C juga bisa mendukung sistem imun tubuhmu. Di kondisi pandemi seperti sekarang, mengonsumsi vitamin C memang sangat disarankan.
  3. Jaga tekanan darah. Manfaat selanjutnya dari diet buah-buahan adalah potensi menjaga tekanan darah. Dampak baik ini bisa kamu peroleh dari buah-buahan tinggi kalium seperti pisang, jambu biji, melon, dan mangga. Di samping bantu jaga tekanan darah, buah-buahan ini juga bisa bantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuhmu, lho.
  4. Bantu produksi sel darah merah. Sel darah merah merupakan jenis sel darah yang memiliki fungsi untuk mengikat oksigen yang dibutuhkan tubuh. Kekurangan sel ini tentu bisa berdampak pada kesehatan tubuhmu. Maka dari itu, diet buah-buahan kaya akan folat seperti jeruk atau mangga bisa bantu tubuhmu untuk memproduksi sel darah merah dengan baik. Kalau kamu atau pasanganmu sedang mengandung, sel darah ini juga merupakan salah satu komponen yang sangat dibutuhkan janin untuk pertumbuhannya.
  5. Lindungi kulit. Manfaat terakhir dari diet buah-buahan adalah potensi perlindungan pada kulit serta penyakit-penyakit kulit. Dilansir dari Healthline, manfaat ini bisa kamu dapatkan dari buah-buahan yang tinggi kandungan antioksidan. Pasalnya, sifat ini dapat membatasi produksi radikal bebas dalam tubuh. Beberapa buah kaya antioksidan adalah plum hitam, plum, juga semua

Itu dia 5 manfaat diet buah-buahan yang perlu kamu ketahui. Walau demikian, diet buah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab, melakukan program diet ini memiliki kemungkinan seperti kekurangan nutrisi pada beberapa orang. Untuk itu, kalau kamu tertarik buat diet buah-buahan, konsultasikan terlebih dulu pada dokter kamu, ya. Semoga bermanfaat!

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *