Kesehatan

5 Tips Menghindari Bibir Kering Saat Puasa

Posted On
Posted By admin

Selama berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama lebih dari 12 jam. Akibatnya, banyak perubahan dari anggota tubuh yang memberikan reaksi sebagai bentuk adaptasi. Salah satunya yakni orang yang berpuasa rentan mengalami bibir kering hingga pecah-pecah.

Bibir yang kering dan pecah-pecah tentu saja dapat mengganggu penampilan terbaik Anda di hadapan banyak orang. Saat bersilaturahmi, hal ini bisa menjadi gangguan bagi kepercayaan diri Anda untuk berkomunikasi dengan sanak saudara hingga tetangga.

Apabila kondisi ini terjadi, tak perlu risau. Anda dapat melakukan serangkaian perawatan dengan berbagai bahan alami. Selain itu, hendaknya turut diperhatikan pula mengenai asupan selama berbuka dan menyantap sahur.

Simak 5 cara mengatasi bibir kering saat puasa yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Cara mengatasi bibi kering saat puasa yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah segar. Saat berbuka dan santap sahur, usahakan untuk selalu mengimbangi makanan berlemak dengan sayuran dan buah-buahan segar bervitamin.

Sayuran dan buah yang kaya akan vitamin C, E, dan A disebut ampuh untuk mencukupi kebutuhan cairan selama berpuasa.

2. Cukupi Kebutuhan 

Cara mengatasi bibi kering saat puasa yang tak kalah pentingnya yakni dengan mencukupi kebutuhan cairan. Hal ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari.

Caranya cukup minum 3 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan tak lupa 3 gelas di malam hari menjelang waktu beristirahat.

3. Hindari Makanan Pedas dan Asin

Selain itu, cara yang terbukti ampuh untuk mengatasi bibir pecah-pecah saat berpuasa yakni dengan memilah asupan makanan. Saat berbuka dan sahur, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan dengan rasa yang menyengat seperti pedas dan asin.

Makanan dengan tinggi aroma dan rasa disebut membutuhkan banyak cairan untuk menyeimbangkannya di dalam tubuh. Selain bibir, tenggorokan pun menjadi kering hingga rentan mengalami panas dalam.

4. Rutin Mengonsumsi Madu

Cara mengatasi bibi kering saat puasa yang selanjutnya yakni dengan rutin mengonsumsi madu. Madu merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki banyak khasiat di dalamnya.

Caranya, cukup konsumsi madu sebanyak 2 sendok makan saat menjelang waktu imsak. Hal ini pun juga dapat membuat tubuh kian prima dan siap untuk beraktivitas sepanjang hari.

5. Hindari Minuman Berkafein

Selama menjalankan ibadah puasa, hindari untuk mengonsumsi minuman beralkohol dan kafein. Kandungan kafein tersebut tak lain dapat bersumber dari kopi hingga teh. Kandungan kafein disebut mampu mengurangi kelembapan kulit sehingga menimbulkan banyak gangguan seperti kulit kusam hingga bibir kering dan pecah-pecah.

Related Post

leave a Comment