Lifestyle

6 Jabatan untuk Alumni Sekolah Penerbangan yang Mungkin Belum Banyak Diketahui

Posted On
Posted By admin

Tahukah Anda bahwa ada sejumlah poin kerja yang tersedia untuk alumni sekolah penerbangan yang dapat dilakoninya dengan kaki tetap berpijak di atas tanah?

 

Bergabung dengan dunia penerbangan tentunya adalah sebuah pilihan profesi yang menyenangkan. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan cara menempuh pendidikan di sebuah sekolah penerbangan. Selain menjadi pilot atau awak kabin pesawat, Anda bisa pula mengisi beberapa poin kerja lain yang terdapat di bandara.

 

Sekolah penerbangan memang juga menyediakan berbagai materi dan pelatihan yang diperlukan untuk menjadi seorang staff bandara. Meski posisi tersebut mungkin tidak akan membawa Anda mengudara, tapi juga tidak kalah seru dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa posisi yang dapat Anda bidik untuk mendukung dunia penerbangan dengan kaki tetap berpijak di tanah.

 

Posisi Kerja di Bandara yang Dapat Diisi oleh Alumni Sekolah Penerbangan

Sedikitnya ada 6 posisi yang tersedia untuk siswa-siswi yang telah menempuh pendidikan staf bandara, yaitu:

1. Aircraft Marshaller

Petugas yang memberi aba-aba serta membantu mengarahkan pilot untuk memarkirkan pesawat yang telah mendarat di landasan pacu.

2. Airline Ground Staff

Petugas yang melayani calon penumpang sebelum masuk ke pesawat. Tanggung jawabnya meliputi urusan pemeriksaan tiket, boarding pass, label bagasi, serta mengarahkan penumpang ke gerbang keberangkatan. Mereka juga bertugas membantu menangani penumpang yang transit, mengalami kehilangan barang atau memiliki kebutuhan khusus.

3. Petugas Keamanan Bandara

Tugas seorang Petugas Keamanan Bandara ternyata tidak boleh dipandang sebelah mata. Mereka perlu memiliki pengetahuan khusus agar dapat memastikan keamanan fasilitas bandara. Selain itu, mereka juga bertugas memantau aktivitas yang berpotensi membahayakan keselamatan orang di bandara serta mencegah penyelundupan.

4. Petugas Bagasi

Petugas yang menangani barang bawaan calon penumpang ini juga tidak bisa disepelekan. Mereka harus dapat menerapkan sistem layanan logistik dengan baik supaya bagasi penumpang tetap aman selama perjalanan dan tidak sampai tertukar.

5. Ground Support Equipment Staff

Petugas yang bertanggung jawab mengoperasikan berbagai fasilitas pendukung dalam penerbangan seperti forklift, tangga pesawat, mobil pengisi bahan bakar, dll.

 

Menilik banyaknya posisi kerja yang tersedia, Anda tentunya tak perlu lagi menempuh pendidikan di sekolah penerbangan. Selain soal kualitas pendidikan, sebaiknya Anda mempertimbangkan koneksi sekolah itu dengan perusahaan profesional untuk menjamin peluang kerja Anda setelah lulus.

Related Post

leave a Comment