7 Obat Tradisional Berkhasiat Mengobati Katarak Tanpa Operasi Apa Saja

Katarak merupakan kondisi mata serius yang dapat mengaburkan dan mengganggu penglihatan. Bahkan dalam beberapa kasus berat, katarak bisa menyebabkan kebutaan pada penderitanya. Banyak orang memilih pengobataran melalui jalur operasi untuk menyembuhkan katarak.

Katarak tidak serta merta datang menyerang, biasanya penyakit ini membutauhkan waktu cukup lama untuk berkembang. Gangguan katarak pada mata biasanya ditandai dengan penglihatan kabur, kemudian akan timbul bercak putih apda mata. Sebelum katarak semakin parah, ada baiknya melakukan beberapa perawatan menggunakan obat tradisional herbal.

Beberapa perawatan alami cara mengobati katarak ini dimaksudkan untuk mengurangi gejala gejala awal katarak agar tidak semakin parah. Bawang putih terbukti menjadi salah satu cara mengobati katarak secara alami. Anda hanya perlu mengunyah bawang putih setiao hari untuk mengurangi efek katarak.

Bawang putih mengandung allicin, yaitu antioksidan kuat yang membantu mencegah stres oksidatif, sehingga efektif mencegah perkembangan katarak. Rendam beberapa kacang almond ke dalam air selama semalaman, lalu konsumsi di pagi hari. Anda bisa mengonsumsi almond dengan segelas susu hangat untuk mengatasi semua permasalahan mata.

Kandungan asam lemak omega 3 dan senyawa organik dalam almond efektif membantu mencegah peradangan, sehingga mengurangi risiko katarak. Madu memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya mengatasi masalah yang berkaitan dengan mata. Banyaknya nutrisi yang ada dalam madu, membantu melindungi mata dari pengaruh katarak.

Bayam dikenal baik untuk kesehatan mata, sehingga efektif digunakan sebagai obat untuk katarak. Kadar fitonutrien yang tinggi dalam bayam dapat membalikkan kerusakan akibat stres oksidatif, sehingga menghilangkan radikal yang ada. Selain itu, bayam juga membantu menetralkan efek negatif dan mencegah endapan protein, yang bisa melindungi mata.

Wortel salah satu sayuran yang menjadi favorit banyak orang. Sebab, wortel banyak mengandung beta karoten yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Tidak hanya itu, antioksidan, lutein yang terkandung dalam wortel bahkan membantu mengurangi stres oksidatif pada mata dan mencegah deposisi protein.

Lebih dari itu, rutin mengonsumsi wortel juga memperlambat timbulnya degenerasi makula. Daun yang memiliki nama lokal Ganceng Famili ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata dari katarak. Caranya: ambil daun sirih muda segar 3 5 lembar, dicuci kemudian direbus.

Setelah mendidih dinginkan serta masukan air rebusan daun sirih ke dalam wadah. Air rebusan daun sirih tersebut bisa dijadikan obat tetes mata atau rendam mata Anda ke dalam wadah tersebut, lalu kedip kedipkan mata di dalam air rebusan daun sirih. Kembang telang atau Clitoria ternatea L. termasuk juga famili Papilionaceae.

Tanaman ini bermanfaat untuk mengobati beberapa penyakit, seperti abses, bisul, sakit telilnga, demam, busung perut, serta radang mata merah. Terutama untuk mengobati radang mata merah, sisi tanaman yang dipakai yaitu bunga. Bunga kembang telang yang berwarna buri di rendam sampai membuahkan air rendaman yang berwarna bitru.

Air rendaman itu digunakan untuk membersihkan mata.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *