Arkeolog Dominika Temukan Selusin Mumi Berusia 2.000 Tahun

Arkeolog Dominika menemukan lebih dari selusin mumi berusia 2.000 tahun, termasuk beberapa dengan lidah emas di mulut mereka. Tim dari Universitas Santo Domingo di Republik Dominika bekerja di Kuil Taposiris Magna di AlexandriaMesir. Mereka menemukan sisa sisa 16 orang Mesir kuno yang terkubur di kuburan batu.

Dilansir The Telegraph, Rabu (3/2/2021) mumi mumi itu tidak diawetkan dengan baik dan dalam keadaan dekomposisi yang signifikan. Tetapi foto foto yang dirilis oleh kementerian menunjukkan kerangka manusia dengan sepotong emas berbentuk lidah yang terlihat jelas ditempatkan di rahangnya. Menurut pejabat, jimat itu "ditempatkan di mulut mumi dalam ritual khusus untuk memastikan kemampuan mereka berbicara di akhirat di hadapan pengadilan Osiria."

Dalam mitologi Mesir, Osiris adalah dewa akhirat, serta kesuburan dan pertanian. Dr Kathleen Martinez, yang memimpin tim, menjelaskan bahwa dari 16 mumi, dua mumi terpenting di sampingnya telah mengawetkan sisa sisa gulungan dan bagian dari kartonnage mereka. Sejenis papirus atau papier mache berbahan dasar linen yang digunakan untuk membangun masker wajah yang menyelimuti tubuh mumi di dalam sarkofagus mereka.

Yang pertama memiliki dekorasi emas dewa Osiris, sedangkan mumi lainnya memakai mahkota yang dihiasi tanduk dan ular kobra di dahi. Dada mumi, sementara itu menunjukkan dekorasi berlapis emas yang melambangkan kalung lebar yang menggantung kepala elang, simbol dewa Horus. Horus berkepala elang adalah dewa kerajaan dan langit

Di samping lidahemas, kartonnage berlapis emas dan lokasi mumi di kuburan batu menunjukkan mumi yang berasal dari era pemerintahan Yunani dan Romawi. Sementara jimat lidah mungkin merupakan elemen paling mencolok dari penemuan itu. Dr Khaled Abo El Hamd, direktur jenderal Alexandria Antiquities, dikutip mengatakan penemuan terpenting dari musim arkeologi ini adalah: topeng pemakaman untuk a perempuan.

Delapan serpihan emas melambangkan daun dari karangan bunga emas, dan delapan topeng marmer yang berasal dari zaman Yunani dan Romawi . • Video Kematian Pasien Virus Corona Mesir di ICU Menjadi Kontroversi Kuil Taposiris Magna diperkirakan dibangun oleh Ptolemeus IV, yang memerintah Mesir dari 221 hingga 204 SM.

Sementara koin yang bertuliskan gambar Cleopatra VII sebelumnya telah ditemukan di situs tersebut.(*) Editor: M Nur Pakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *