Lifestyle

Beli Paket Internet: Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membelinya

Posted On
Posted By admin

Memasuki era digital, ada beberapa kebutuhan penunjang keseharian yang berubah. Kini, beli paket internet sudah termasuk kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan. Begitu banyak provider yang memberikan layanan paket data, tentunya Anda harus jeli memilihnya.

Pertimbangkan 5 Hal Sebelum Beli Paket Internet

Sebelum beli paket internet, Anda hendaknya mempertimbangkan 3 hal berikut ini:

Besaran Kuota

Hal pertama yang harus Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli paket internet, yaitu besaran kuotanya. Kuota merupakan pondasi dalam internet. Semakin besar kuota yang Anda beli, maka semakin bagus. 

Apalagi jika Anda memilih paket unlimited tanpa pembagian kuota. Namun, jangan lupa dengan pembagian kuota. Sebab, banyak pembeli yang terjebak pada pembagian waktu penggunaan paket data. 

Sebaiknya mencari kuota yang bisa Anda gunakan 24 jam penuh. Sehingga bisa lebih leluasa menggunakannya.

Harga Kuota

Selain besaran kuota, hal selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu harga kuota. Apakah harga yang Anda bayarkan sesuai dengan layanan yang didapatkan. Apalagi jika Anda seorang pelajar, maka harus berhemat untuk penggunaan kuota data.

Oleh karena itu, Anda harus teliti sebelum membeli kuota internet. Baca terlebih dahulu persyaratan agar tahu apakah paket yang akan Anda beli sesuai dengan kebutuhan.

Jaringan Internet

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan jaringan internet. Anda harus mencari provider yang mampu menyediakan jaringan internet yang lancar. Sehingga tidak perlu lagi merasakan buffering, reconnecting, loading dan masih banyak lagi.

Percuma juga ketika Anda sudah membeli paket data jika tidak bisa digunakan dengan baik. 

Time Based atau Volume Based

Pada dasarnya, paket layanan data operator menganut beberapa sistem, antara lain:

  • Time base, yakni berdasarkan waktu atau lamanya penggunaan.
  • Volume base berdasarkan volume atau kapasitas data yang digunakan dalam kb.
  • Untuk unlimited tidak terbatas waktu maupun volume.
  • Namun, secara umum tarif koneksi data menggunakan volume base.

Jika Suka Chatting

Jika Anda lebih sering chatting atau mengakses Facebook lebih cocok memilih paket layanan volume base. Untuk mengakses situs jejaring sosial rata-rata akan menghabiskan kisaran 10 MB per jam jika menggunakan ponsel.

Namun, jika Anda menggunakan PC atau laptop akan menghabiskan sekitar 50 MB per jam setiap bulannya. Sehingga pemilihan volume base akan sangat menguntungkan bahkan jika menggunakan durasi waktu online yang lama.

Jika Suka Download

Untuk kebutuhan download, parameter yang digunakan adalah kecepatan akses. Kebutuhan rata-rata yang disediakan oleh operator pada umumnya sekitar 384 kbps. Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari pada umumnya berkisar 40 kbps.

Jika pertimbangan utama yaitu volume data maksimal, maka pilihan terbaik adalah paket time base. Sebab, time base menggunakan sistem seberapa besar menggunakan volume data, biaya akan sesuai dengan pilihan waktu yang dipilih.

Pilih Provider dengan Penawaran Terbaik

Anda bisa memilih provider yang memberikan penawaran terbaik untuk konsumen. Misalnya saja paket murah dengan kuota besar dan kecepatan internet. Namun, perlu diingat, bahwa pemilihan provider ini juga tergantung jaringan di setiap daerah.

Sebab, belum tentu kuota besar dan murah bisa menjangkau di wilayah Anda. 

Menjawab kebutuhan pelanggan agar tetap bisa mengakses data dengan kendali penuh, XL Axiata meluncurkan Live.On. Brand telekomunikasi terbaru ini akan memberikan keleluasaan mengatur paket data sendiri. Hal ini sesuai dengan kriteria memilih layanan paket data sesuai kebutuhan pelanggan.

Beli paket internet sesuai dengan kebutuhan akan membantu Anda memenuhi kebutuhan penunjang keseharian. Mengenali paket yang tepat sebelum membeli akan menguntungkan.

Related Post

leave a Comment