Fashion

Ciri Detail Kain Moscrepe

Posted On
Posted By admin

Kain moscrepe permukaannya cenderung lembut dan tidak licin. Kain moscrepe terbuat 96% polyester dan 4% spandek. Bahan moscrepe memiliki ciri khas lentur dan jahitan yang tertata rapi dengan begitu tidak mudah kusut saat digunakan. Bahan moscrepe ini sering digunakan pada pakaian atau hijab. Materialnya yang lembut dan ringan membuat penggemar selalu mengincarnya. Harga bahannya pun tidak terlalu mahal makanyabrand fashion hijab memilih moscrepe.

Kain moscrepe terdiri dari banyak macam, seperti:

 

1. Moscrepe premium

Kain Moscrepe premium berkarakteristik stretch atau melar, tidak kaku dan tidak mudah kusut. Bahan jenis ini sering dijadikan sebagai dasar untuk pembuatan gamis dan khimar.

2. Moscrepe import

Moscrepe import memiliki kelebihan tingkat daya serap tinggi jadi coock digunakan ketika cuaca panas karena bahannya cenderung adem.

3. Diamond crepe

Bahan ini cenderung lebih kasar saat disentuh. Namun, kelebihan diamond crepe adalah keawetan warna yang tahan lama dan tidak gampang luntur. Ketika terkena terik matahari, bahan ini tidak cepat pudar. Harga diamond crepe sangat terjangkau, akan tetapi tergantung kualitasnya itu sendiri. Diamond crepesering dijadikan sebagai bahan hijab pashmina karena dianggap mudah dalam menyerap keringat.

Bahan moscrepe yakni kain yang bertekstur seperti halnya pasir, jika di raba akan terasa tekstur bulirnya. Kain moscrepe memiliki kesan mewah saat dipakai. Dengan harga murah tapi gaya penampilan terlihat lebih mahal. Kain moscrepe memiliki kelebihan dan kekurangannya saat di pakai. Yuk simak berikut ini:

Kelebihan kain moscrepe:

 

1. Ekonomis

Sebagai bahan pakaian, moscrepe sangat tepat digunakan karena harganya yang murah dan memiliki kualitas yang bagus.

2. Anti transparan

Moscrepe ini cukup tebal dan tidak nerawang. Perbandingannya dengan wolfis, moscrepe jauh lebih tebal dan ringan tetapi wolfis lebih berkesan jatuh.

3. Anti kusut

Poin pentingnya moscrepe adalah tidak mudah kusut, jadi nyaman digunakan aktivitas apapun. Cocok sekali dijadikan bahan gamis karena tekstur dari bahannya anti kusut.

4. Kain ringan

Beragam crepe mempunyai tingkat ketebalan kain yang sama, namun lebih ringan daripada crepe yang lain. Bahkan dengan model layer pun, tidak akan terasa berat.

5. Warna kain lebih cerah

Bahan moscrepe yaitu jenisyang mudah untuk mengeluarkan warna. Bahan ini seperti kulit jeruk rata-ratanya memiliki warna yang hidup dan cerah. Sehingga moscrepe memiliki banyak ragam warna.

 

Kekurangan kain moscrepe:

 

Kain moscrepe banyak ditemui di pasaran ataupun toko kain. Moscrepe sendiri memiliki ragam jenis sehingga ketika memilih dipasaran harus sangat teliti. Moscrepe dijual di pasaran dengan harga jual sesuai skala grade. Selain moscrepe memiliki kelebihan jangan dilupakan bahwa moscrepe juga memiliki kekurangan, berikut uraiannya:

1. Panas

Moscrepe kurang cocok dipakai saat cuaca panas. Bahannyayang bertekstur dan agak kasar membuat bahan ini cenderung panas. Alternatif lain jika ingin tetap memakainya yaitu dengan ditambahkan puring.

2. Warna putih cenderung menerawang

Menggunakan moscrepe dengan warna putih disarankan untuk menambahkan puring pada bagian dalam agar tidak transparan.

3. Mudah rusak

Moscrepe mudah sekali rusak saat disetrika dengan suhu yang tinggi. Jadi perlu kehati-hatiannya saat menggosoknya. Jika ingin alternatif bisa dilapisi kain lain agar panas dari setrika tidak langsung tersentuh pada kain moscrepe.

Ciri-ciri dalam memilih moscrepe grade premium:

1. Bahan lebih flowy

2. Tidak tipis

3. Tidak transparan

4. Bahan halus tidak cenderung ke kasar

5. Nyaman digunakan saat cuaca panas

Penggunaan kain moscrepe

Berkaitan dengan penggunaan di dunia fashion, bila dipandang dari sisi kwalitasnya bahan kain yang ini akan pas bila dipakai sebagai rekomendasi bermacam bahan baju muslim untuk wanita :

1. Tunik

Tunik Adalah baju longgar yang menutupi dada, pundak dan punggung, beberapa ada yang dibikin dengan lengan atau tanpa lengan sementara panjangnya bisa sampai di pinggul atau sampai di atas lutut.

2. gamis wanita

Gamis sebagai baju muslim asal timur tengah yang banyak di buat berbentuk terusan yang lurus, panjang dan longgar dengan arah untuk menutupi semua tubuh diawali dengan leher sampai mata kaki.

3. Khimar

Khimar sebagai semacam jilbab yang bisa dikenai untuk menutup kepala, dada atau sisi punggung. Tidak seperti jilbab syar’i di kala lalu yang bentuknya cenderung monoton satu warna dan polos.

4. Pashmina

Pashimina sebagai salah satu produk tambahan fashion wanita yang memiliki bentuk seperti selendang.

Demikian Pembahasan singkat berkenaan keunikan kain moscrepe,  kekurangan dan kelebihan dan penggunaan mascrepe dalam industri fashion yang bisa kami bagikan. Mudah-mudahan bermanfaat.

leave a Comment