Pendidikan

Harus Tahu, Ini Dia 7 Tips dan Trik Mendidik Anak di Era Digital

Posted On
Posted By admin

Di era digital sekarang ini, hampir semua orang dapat mengakses teknologi dengan mudahnya, tak terkecuali anak-anak. Berdasarkan hasil survei APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada tahun 2019-2020, sekitar 16,55% pengguna internet merupakan anak-anak berusia 5-14 tahun. Adanya perkembangan teknologi saat ini memang bagus, anak dapat berkomunikasi, mencari informasi, hiburan, dan lainnya. Tak hanya itu, manfaat lainnya bisa sebagai penunjang belajar anak mulai tingkat International primary school. Di sisi lain, perkembangan teknologi akan berdampak negatif pada anak jika sampai ketergantungan. Peran orang tua sangat penting untuk mencegah hal ini terjadi, hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua karena harus menyesuaikan kembali cara mendidik anak di era digital. Kami sudah merangkum beberapa tips dan trik yang bisa orang tua lakukan untuk mendidik anak di era digital ini. Simak tips dan triknya di artikel ini, ya!

 

1. Menggunakan Aplikasi dan Browser Ramah Anak

Saat ini, sudah banyak gadget yang memiliki fitur parental control agar orang tua dapat mengizinkan anak memakai aplikasi yang sesuai dengan usianya. Lainnya, ketika anak mencoba berselancar di dunia maya, akan ada tahapan verifikasi usia pengguna untuk mengakses konten tersebut. Cara ini bisa dilakukan ketika orang tua tidak selalu bisa mendampingi anak ketika bermain gadget.

 

2. Berikan Informasi Mengenai Manfaat dan Bahaya Teknologi

Pemberian informasi ini bisa dilakukan saat mengobrol santai. Singkatnya, anak sudah mengetahui manfaat dari penggunaan gadget di kehidupannya, seperti menunjang pembelajaran dan memberikan hiburan. Meski begitu, orang tua tetap harus menginfokan bahwa benda tersebut memiliki bahaya yang mungkin dia kurang sadari, seperti adanya kontak dengan orang yang tidak dikenal, cyberbullying dan pemberian informasi yang salah.

 

3. Buat Jadwal Bebas Teknologi

Orang tua dapat menyeimbangkan penggunaan gadget dengan membuat batasan dan jadwal aktivitas tanpa gadget bersama anak. Batasan ini dilakukan agar anak bisa memahami bahwa ada waktu untuk dibagikan bersama keluarga, seperti saat sedang makan bersama atau kumpul keluarga. Selain itu, untuk meminimalisir penggunaan gadget, orang tua bisa membuat jadwal aktivitas seperti olahraga, bermain permainan tradisional, bermusik dan lainnya.

 

4. Periksa Riwayat Browser Sesekali

Pada saat memberikan izin menggunakan gadget kepada anak, orang tua bisa memberikan pemahaman bahwa sesekali akan ada pemeriksaan riwayat browsernya untuk mengecek konten yang sudah mereka akses dan lihat. Jelaskan juga bahwa hal ini bertujuan untuk melindungi sang anak, bukan untuk mengganggu privasinya.

 

5. Membahas Pentingnya Privasi dengan Anak-anak

Orang tua harus menjelaskan bahwa ketika anak sudah masuk ke dalam dunia maya, maka informasi dirinya dapat dengan mudah dilihat oleh banyak orang. Jangan bosan untuk menginformasikan dan mengingatkan anak agar jangan sampai memberikan data diri atau gambar dirinya secara sukarela kepada orang yang baru dikenalnya di dunia maya.

 

6. Berikan Gadget Sesuai dengan Keperluan

Orang tua bisa memberikan memberikan gadget sesuai dengan keperluan sang anak. Hal ini bertujuan agar anak mampu mengendalikan diri dan belajar untuk menggunakan secukupnya bersama keluarga.

 

7. Dampingi Anak Saat Bermain Gadget

Tidak ada salahnya mendampingi anak saat dia bermain gadget, hal ini penting dilakukan untuk mencegah anak mendapatkan tayangan dan informasi yang tidak sesuai dengan usianya. Orang tua bisa memberikan arahan agar anak bermain di ruang terbuka, seperti ruang keluarga.

 

Mendidik dan mengawasi anak di era digital ini memang perlu tantangan. Selain ketujuh tips di atas, pastikan orang tua juga membangun komunikasi dan kepercayaan yang baik bersama sang anak agar anak dapat menggunakan teknologi dengan bijak. Semoga artikel ini membantu, ya!

 

 

Sumber:

https://www.orami.co.id/magazine/mendidik-anak-di-era-digital

https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/03/3.-SPOT_Mendidik-Anak-di-Era-Digital-REV.pdf

https://www.sehatq.com/artikel/cara-mendidik-anak-di-era-digital-yang-perlu-orangtua-ketahui

Related Post

leave a Comment