Kesehatan

Ketahui Manfaat Yoga Hamil dan Posisi Yoga Terbaik untuk Ibu Hamil

Posted On
Posted By admin

Para bumil perlu tetap aktif bergerak loh! Olahraga yang cocok adalah yoga untuk ibu hamil. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh selama kehamilan, yoga hamil juga bisa membantu kesehatan janin dan mempersiapkan kelahiran. Jika Mom sudah ada persiapan persalinan di RSPI, ada juga kelas khusus yoga hamil yang bisa Mom ikuti. Lalu sebenarnya apa saja manfaat dari yoga hamil dan apakah pose yoga hamil sama atau berbeda dengan yoga bukan untuk ibu hamil? Mari kita bahas bersama.

 

Manfaat Yoga Hamil

Dengan melakukan yoga hamil, para ibu hamil dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas pada tubuh karena pada gerakan yang terdapat pada yoga hamil akan melatih pernapasan ibu haml sehingga ketika nanti proses persalinan akan menjadi lebih tenang, mudah dan lancar pastinya. Lalu beberapa manfaat yoga hamil adalah :

  1. Melancarkan sirkulasi darah.
  2. Membantu memperbaiki postur tubuh.
  3. Dapat membantu kualitas tidur.
  4. Membantu mengurangi stres dan kecemasan yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan.
  5. Membantu meringankan keluhan yang biasanya terjadi pada ibu hamil seperti nyeri punggung bagian bawah, sesak napas, sakit kepala, nyeri panggul dan bahkan mual.
  6. Dapat membantu meminimalisir risiko terjadinya komplikasi pada kehamilan seperti melahirkan bayi prematur dan berat badan bayi rendah.
  7. Menurunkan tekanan darah.

Tidak hanya itu, apabila yoga hamil dilakukan oleh ibu hamil yang dilakukan bersamaan dengan ibu hamil lainnya maka akan saling membantu dalam hal emosional dan memotivasi ibu hamil lainnya untuk aktif bergerak.

 

Aturan Yoga Ibu Hamil

Yang harus diperhatikan ketika akan memulai yoga ibu hamil adalah beberapa gerakan dalam yoga tersebut. Ada beberapa jenis gerakan yang aman dilakukan di trimester pertama kehamilan dan trimester kedua atau usia kandungan berumur 14 minggu ke atas merupakan waktu paling tepat untuk memulai yoga ibu hamil bagi yang belum pernah memulainya.

Selain itu, diharapkan untuk memerhatikan hal-hal berikut :

  1. Lakukan yoga hamil sambil didampingi instruktur dan mulailah secara perlahan dan lembut, yaitu dengan berlatih pernapasan perut.
  2. Lakukan latihan yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri dan membantu ibu hamil lebih tenang dengan cara mengambil napas mendalam melalui hidung hingga perut terasa penuh, lalu perlahan buang secara perlahan juga melalui hidung.
  3. Hindari gerakan yang bisa merengangkan otot secara berlebihan terutama otot perut. Ketika ada rasa tidak nyaman ketika melakukan yoga hamil, bisa langsung berhenti.
  4. Hindari posisi telentang karena akan membuat ibu hamil merasa sesak napas dan mual.
  5. Rutin lakukan yoga hamil 3-5 kali setiap minggu selama 30 menit atau setiap hari bila ingin asal tidak terlalu berlebihan.

Jangan lupa untuk selalu sediakan air putih dan jangan terlalu memaksakan diri ketika ada hal yang merasa kurang nyaman ketika melakukan yoga hamil.

 

Lima Posisi Yoga Hamil yang Baik

Ada beberapa posisi yoga yang bisa ibu hamil praktikan, diantaranya :

  1. Cat cow untuk mengurangi rasa pegal. Posisi ini cocok bagi ibu hamil yang sering mengeluhkan sakit punggung. Dengan pose ini, ibu hamil dapat melenturkan otot-otot punggung yang mungkin menegang.
  2. Warrior II bisa dilakukan hingga trimester ketiga. Posisi ini bagus untuk memperkuat otot kaki serta paha bagian dalam.
  3. Pose bridge yang baik untuk melatih otot vagina, paha serta lutut.
  4. King pigeon yang membantu untuk melenturkan otot panggul.
  5. Butterfly yang dapat membantu proses pembukaan.

 

Yuk, langsung praktikan di rumah. Sebelumnya, jangan lupa konsultasi dulu dengan dokter kandungan masing-masing terlebih dahulu, ya! Karena tidak semua kondisi dari ibu hamil sama.

 

Related Post

leave a Comment