Pendidikan

Kunci Jawaban Halaman 52 53 54 56 57 Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Buku Tematik Kelas 6 SD

Posted On
Posted By admin

Berikut kunci jawaban Tema 4 Kelas 6 halaman 52 53 54 56 57 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Subtema 2 Pembelajaran 1. Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 4 edisi revisi 2018 mengusung judul Globalisasi, sementara Subtema 2 berjudul Globalisasi dan Manfaatnya . Kunci jawaban Tema 4 Kelas 6 SD halaman 52 53 54 56 57 ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.

Simak teks eksplanasi yang akan dibacakan oleh gurumu. Teks akan dibacakan dalam setiap paragraf. Tuliskan informasi penting dalam setiap paragrafnya. Kamu akan diberi waktu untuk menuliskan informasi tersebut setiap satu paragraf selesai dibacakan. Tuliskan informasi penting tersebut dalam setiap paragraf pada diagram berikut.

Paragraf 1 : Topik Masalah Bahasa Indonesia layak menjadi bahasa ASEAN karena berasal dari negara berpenduduk terbesar. Paragraf 2 : Deret Penjelas

Menurut Mahsun, bahasa Indonesia hanya memiliki 90.000 kosakata tetapi dapat menciptakan kosakata baru. Sehingga, bahasa Indonesia adalah bahasa yang kaya. Menurut Franz Magnis Suseno, bahasa Indonesia layak menjadi bahasa global. Dengan bahasa Indonesia kita bisa mengungkapkan apa saja. Bahasa Indonesia itu sempurna, tidak kaku, dan bisa berkembang. Paragraf 3 : Deret Penjelas

Romo Magnis menyayangkan generasi muda yang lebih memilih bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. Romo mendukung orang Indonesia bisa bahasa asing, tetapi jika bahasa Indonesia sebagai bahasa utama diganti, rasanya kosong. Paragraf 4 : Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis

Menguasai bahasa Asing itu boleh, tapi jangan sampai mengganti bahasa Indonesia sebagai bahasa utama. *** Baca kembali dengan teliti informasi penting yang telah kamu temukan dari isi teks yang dibacakan guru.

Diskusikan bersama teman tentang jenis kerja sama yang dilakukan Indonesia, serta peran Indonesia dalam kerja sama tersebut. Tuliskan di dalam kolom berikut. Indonesia sudah melakukan bentuk bekerja sama dalam bidang budaya.

Jika bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN, bahasa Indonesia akan menjadi budaya di negara negara anggota terkait hal komunikasi. *** Carilah informasi lain tentang kerjasama di bidang politik antara Indonesia dengan negara negara anggota ASEAN. Identifikasi posisi dan peran Indonesia dalam setiap kerja sama tersebut.

Kamu bisa melakukannya bersama teman teman dalam kelompok kecil. Tuliskan dalam diagram berikut. Kerja sama Indonesia dengan Negara Negara di Asia Tenggara di Bidang Sosial Budaya di Masa Globalisasi

Bentuk Kerja sama Mempererat hubungan politik melalui pertukaran duta dan konsul Menciptakan stabilitas politik

Mengadakan perjanjuan ekstradisi Peran Indonesia dalam hubungan kerja sama dengan negara di Asia Tenggara Mengirim duta dan konsul ke negara anggota ASEAN

Menerima dan memfasilitasi duta dan konsul dari negara anggota Ikuti serta dalam mengendalikan dan menyelesaikan konflik yang terjadi di negara anggota. Dengan penyelesaian konflik, stabilitas politik suatu negara dapat terwujud.

Menegakkan perjanjian ekstradisi. *** Jawab pertanyaan berikut berdasarkan hasil percobaan.

1. Lampu mana yang memiliki kualitas cahaya paling terang? 2. Lampu mana yang paling hemat energi? Jelaskan. 1. Lampu LED

2. Lampu LED, karena dengan daya (watt) yang sama, lampu LED mampu menyala lebih terang. Artinya, jika memilih lampu neon atau bohlam, maka harus memilih lampu dengan watt yang lebih besar untuk menyamakan tingkat cahaya yang dihasilkan lampu LED. ***

Buatlah laporan dari percobaan pembuktian lampu hemat energi yang kamu lakukan. Nama Percobaan : Percobaan Lampu Hemat Energi Tujuan Percobaan :

Mengetahui jenis lampu yang paling terang. Mengetahui jenis lampu yang paling hemat. Mengasah kreativitas dan kemampuan menganalisa.

Alat dan bahan : Buah lampu bohlam 5 watt Bual lampu LED 5 watt

Buah lampu neon 5 watt Buah dudukan lampu Beberapa buah baterai 1,5 volt

0,5 m kabel Gunting Isolasi

Buah kotak/kardus bekas mie instan Langkah Kerja : 1. Buat tanda pada kardus untuk menentukan titik letak masing masing komponen.

2. Rangkai baterai secara seri 3. Tempelkan sakelar dan dudukan lampu di kardus sesuai titik yang telah dibuat tadi. 4. Kupas ujung kabel dengan gunting, lalu hubungkan ke kutub positif baterai.

5. Potong kabel tadi sesuai jarak baterai dan terminal sakelar. Kupas ujung kabel tersebut lalu hubungkan ke terminal sakelar. 6. Ulangi langkah seperti nomor 4 dan 5 untuk menghubungkan terminal sakelar ke terminal dudukan lampu serta terminal dudukan lampu ke kutub negatif baterai. 7. Tempelkan sedikit isolasi ke setiap sambungan kabel dengan terminal dari setiap komponen.

8. Pasang setiap jenis lampu secara bergantian. 9. Amati tingkat kecerahan dari setiap lampu dan catat hasilnya bila perlu. Kesimpulan :

Lampu LED merupakan lampu yang menyala paling terang. Sehingga, lampu ini juga yang paling hemat dikarenakan dengan daya (watt) yang sama, lampu LED mampu menyala lebih terang. ***

Bagaimana dengan dirimu? Apakah kamu telah melakukan kebiasaan hidup hemat listrik? Apa rencanamu untuk menjadi lebih baik lagi? Ceritakan kegiatanmu hari ini di sekolah tentang pentingnya hidup hemat listrik.

Diskusikan bersama orang tua tentang langkah langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan kebiasaan hidup hemat listrik. Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Guru SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Anggari, Angi St dkk. 2015. Buku Siswa SD/MI Kelas VI Tema 4 Globalisasi Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Related Post

leave a Comment