Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 SD Halaman 62-64 Buku Tematik Apa Prestasi yang Gusnadi Wiyoga Raih

Posted On
Posted By admin

Berikut ini jawaban soal "apa prestasi yang Gusnadi Wiyoga raih?". Pertanyaan "apa prestasi yang Gusnadi Wiyoga raih?" merupakan soal di Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 2 Kelas 4 SD/MI Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Buku Tematik Kelas 4 SD Tema 5 edisi revisi 2017 berjudul Pahlawanku.

Kemudian, Subtema 2 Buku Tematik berjudul Pahlawanku Kebanggaanku. Artikel ini berisi kunci jawaban soal pembelajaran 2 di halaman 62, 63 dan 64. Sebelum melihat kunci jawaban, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri.

Kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak. Gusnadi Wiyoga berumur 15 tahun. Ia berasal dari keluarga sederhana yang tinggal di Dusun Waringin, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Ayahnya adalah seorang tukang sol sepatu dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Kondisi perekonomian orang tua Gusnadi yang kekurangan tidak membuatnya patah semangat untuk berprestasi. Yoga, panggilan akrabnya, berhasil meraih medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2011 di Manado.

Hasil ini mengantarkan Yoga mewakili Indonesia di International Competitions and Assessment for Schools (ICAS) wilayah Asia Pasifik tahun 2011. Pada kompetisi ini Yoga mendapatkan medali perak. Kesederhanaan tidak menjadi hambatan baginya untuk berprestasi. Sejak kecil, Yoga terbiasa belajar mandiri, tanpa mengikuti bimbingan belajar ataupun kursus. Setiap malam, ia tekun mengulang pelajaran yang diterimanya di sekolah. Bagaimana memulai semuanya? Semua itu berawal ketika ia duduk di kelas VI SD. Saat itu, ia dikirim ke Hong Kong (2007) untuk mengikuti lomba Matematika mewakili Indonesia. Dalam perlombaan itu, ia tidak menang.

Namun, hal ini menjadi pemicu bagi Yoga untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan prestasinya, Yoga berhasil membuktikan bahwa semangat dan kerja keras bisa mengalahkan keterbatasan. Selalu ada jalan bagi mereka yang mau berusaha. Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut. 1. Apa prestasi yang Gusnadi Wiyoga?

Jawaban: Menyabet silver prize team competition award dan bronze individual competition award dalam ajang Mathematics Competition atau IMC pada tahun 2008 di Chiangmai, Thailand. Medali emas dalam ajang Olimpiade Sains Nasional tahun 2009 dalam bidang matematika yang dilaksanakan di Jakarta.

Mendapat perunggu di IMC tahun 2010 yang dilaksanakan di Korea Selatan. Medali perak dalam ajang OSN tahun 2011 di Manado dalam bidang matematika. Mendapat medali perak dalam mewakili Indonesia di International Competition Assessment For School (ICAAS).

2. Apa usaha yang Yoga lakukan untuk meraih prestasi itu? Jawaban: Usaha yang dilakukan Yoga untuk meraih prestasi adalah dengan giat belajar dan mengembangkan diri.

3. Sikap sikap baik apa yang dimiliki oleh Yoga? Jelaskan jawabanmu! Jawaban: Mandiri

Mau bekerja keras Giat belajar 4. Apakah sikap Yoga tersebut mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskan jawabanmu!

Jawaban: Ya, sikap Gusnadi mencerminkan sila Kelima Pancasila. Amati simbol di atas. Jelaskan arti dari simbol tersebut!

Jawaban: Kapas dan padi melambangkan pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan. Apa hubungan simbol dengan maknanya?

Jawaban: Padi atau beras melambangkan makanan pokok masyarakat Indonesia yang biasa dikonsumsi sehari hari. Isa dikatakan bahwa padi merupakan sumber kehidupan.

Bacalah cerita berikut dan diskusikan jawaban pertanyaan pertanyaannya bersama kelompokmu! 1. Apakah Edo sudah membagi pekerjaan secara adil? Jelaskan jawabanmu! Jawaban:

Edo sudah membagi pekerjaan masing masing anggota kelompok secara adil. 2. Apakah sikap Edo dan teman temannya mencerminkan sila kelima Pancasila? Jelaskan jawabamu! Jawaban:

Sikap Edo dan teman temannya mencerminkan sila kelima karena bekerja kelompok dengan pembagian tugas yang adil. 3. Apa yang akan terjadi jika pada saat kerja kelompok, tugas tidak dibagi secara adil? Jawaban:

Jika tugas tidak dibagi secara adil maka akan menimbulkan kecemburuan dan kerja kelompok tidak berjalan dengan baik. Sikap apa lagi yang sesuai dengan sila kelima pancasila? Cari dan diskusikan dengan temanmu! Jawaban:

Menghormati hak orang lain Bergotong royong Bersikap adil

Menolong orang yang membutuhkan Sebagian dari soal di atas merupakan pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Related Post

leave a Comment