Pendidikan

Manfaat Energi 71 70 Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 SD Halaman 69 & 72 Buku Tematik Subtema 2

Posted On
Posted By admin

Berikut inikunci jawaban BukuTematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas IV SD/MI Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3. Buku Tematik Terpadu kelas 4 Tema 2 ini mempelajari materi Selalu Berhemat Energi. Sementara Subtema 2 berkaitan tentang Manfaat Energi.

Dalam artikel, terdapat kunci jawaban halaman 69, 70, 71, dan 72 untuk Pembelajaran 3. Pembahasan Buku Tematik Tema 2 Kelas 4 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar. Ayo Berlatih

Pagi ini kamu akan berolahraga di luar kelas. Sebelumnya, diskusikan terlebih dahulu permainan yang akan kamu lakukan. Bacalah langkah langkah permainan berikut dan diskusikan dengan temanmu. Bola Zig Zag

Perlengkapan: 2 Bola besar Aturan bermain: 1. Kelas dibagi menjadi dua kelompok, kelompok A dan B.

2. Setiap kelompok berbaris menghadap ke depan dan berhitung 1, 2, 3, 4, dst. 3. Kelompok A dan B saling berhadapan. 4. Perhatikan siapa anggota kelompok di depanmu yang memiliki angka 1, 2, 3 dst. Mereka adalah tim kamu.

5. Anggota nomor 1 melempar bola ke anggota di hadapannya yang memiliki nomor 2. Nomor 2 harus menangkapnya dan melemparkannya ke anggota no 3. 6. Kelompok yang menyelesaikan lempar tangkap tanpa menjatuhkan bola adalah pemenangnya. 2 3 4 5 6 7 8

2 3 4 5 6 7 8 Sebelum bermain, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Perhatikan arahan dan contoh yang disampaikan gurumu. Permainan bola zig zag ini dapat divariasikan dengan menggunakan dua bola. Satu bola dimulai dari ujung sebelah kiri dan bola yang lain dari ujung sebelah kanan sehingga permainan lebih menarik.

Permainan bola zig zag ini dapat divariasikan dengan menggunakan dua bola. Satu bola dimulai dari ujung sebelah kiri dan bola yang lain dari ujung sebelah kanan sehingga permainan lebih menarik. Kamu sudah melakukan permainan melempar dan menangkap bola dengan guru temanmu. Bacalah lagi cara bermainnya dan diskusikanlah. Di rumah kita banyak menggunakan energi listrik. Bagaimana penggunaannya yang aman?

Jawab: Caranya, mengikuti buku petunjuk penggunaan hingga perhatikan daya listrik. Di sekitar rumah, banyak sumber energi listrik yang dimanfaatkan oleh kita. Namun kita harus hati hati dengan sumber listrik tersebut karena berbahaya.

Amati gambar berikut dan sampaikan pendapatmu! (gambar pada halaman 69) Pendapatku tentang hal yang membahayakan pada gambar Jawab:

1. Berbahaya bermain layang layang di dekat jaringan listrik, memanjat tiang listrik, dan membawa alat elektronik dekat air. Jadi, lebih baik tidak bermain laying layang di dekat jaringan listrik. 2. Kita tidak boleh menggunting kabel listrik karena gunting dapat mengantarkan arus listrik.

3. Kita juga tidak boleh memanjat tiang listrik karena dapat menyebabkan kecelakaan apabila menyentuh kabel listrik. Tahukah kamu bahwa tubuh mengandung banyak air? Karena itu, tubuhmu sangat mudah terkena aliran listrik.

Mereka yang bekerja di tempat mengandung banyak sumber listrik membutuhkan pakaian khusus. Kamu harus berhati hati terhadap kabel listrik yang ada di sekitarmu. Ketika bermain layangan, bermainlah di tempat yang tidak ada gardu listriknya.

Benang layangan yang basah berbahaya apabila tersangkut di gardu listrik. Suatu saat mungkin kamu membutuhkan peralatan yang menggunakan listrik. Sebaiknya kamu meminta bantuan orang dewasa di sekitarmu.

Jauhilah barang barang elektronik dari air. Tahukah kamu, petir juga mengandung listrik? Segeralah masuk ke dalam ruangan apabila petir mulai terdengar.

Berdasarkan hasil diskusi dan bahan bacaan di atas, buatlah petunjuk cara menghindari bahaya listrik. Jawab: Gunakan insulator saat menangani jaringan dan alat listrik. Pastikan kabel jaringan listrik tertutup sempurna.

Pastikan voltase perangkat sesuai dengan voltase jaringan listrik. Jauhkan perangkat dan jaringan listrik dari anak anak. Gunakan pemutus aliran listrik.

Sebaknya matikan listrik bila tidak diperlukan. Tuliskan lima manfaat energi bagi kehidupanmu! Jawab:

Untuk aktivitas makhluk hidup Untuk transportasi Sebagai penerangan

Untuk penyembuhan penyakit Untuk hiburan Apa yang akan kamu lakukan untuk menjaga keberadaan sumber daya alam?

Jawab: Tidak berlebihan dalam penggunaan atau memanfaatkan secara bijak. Tidak merusak sumber daya alam yang ada.

Melestarikan tumbuhan. Tidak mencemari lingkungan. Menurutmu apakah pelajaran hari ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari?

Jawab: Iya, bisa. Diskusikan bersama orang tua tentang cara cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga keselamatan diri dari listrik yang ada di sekitarmu.

*) Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua sebagai panduan ketika proses belajar bersama anak.

Related Post

leave a Comment