Manfaat Jaga Kesehatan Gigi & Gusi di Masa Pandemi

Kesehatan gigi dan gusi ternyata punya faktor besar terhadap peningkatan imunitas tubuh. Apalagi menjaga imunitas di masa pandemi covid 19 menjadi sebuah kebutuhan. Dokter Spesialis Gigi, drg. Andriana Nani Julifa menjelaskan mulut merupakan organ tubuh, tempat masuknya nutrisi baik dari makanan ke dalam tubuh.

Apabila gigi dan gusi sehat maka makanan yang masuk bisa digigit, lalu dikunyah dengan baik, sehingga proses pencernaan berjalan lancar. Nutrisi membantu sel bekerja menjaga imunitas. "Selama masa pandemi optimalkan sistem imun, kalau gusi sehat asupan yang masuk bisa menambah imun untuk menjaga kesehatan," ungkap drg. Andriana saat live bersama Radio Kesehatan, Senin (24/8/2020). Drg. Andriana mengingatkan juga jangan kebanyakan ngemil. Apalagi cemilannya tidak sehat.

Menurut dia,makan camilansecara rutin membuat asam di mulut meningkat sehinggamemicu gigi berlubang. "Ingat makan yang sehat dan ngemil tidak berlebihan karena ngemil asam di mulut meningkat dan sebabkan gigi berlubang," kata drg. Andriana. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut tentunya juga harus ditunjang dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan gerakan tepat untuk membersihkan sisa makanan di mulut.

Bagi yang merokok drg. Andriana juga menyarankan untuk segera berhenti karena merokok bisa membuat gusi tidak sehat bukan hanya membuat jantung bermasalah. "Yang masih merokok yuk sama sama berhenti karena merokok bisa menurunkan kualitas tulang yang menyokong gigi artinya gusinya juga ujungnya tidak sehat," pungkas drg. Andriana.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *