Kesehatan

Melatih Kecerdasan Bayi Sesuai Usianya

Posted On
Posted By admin

Melatih kecerdasan bayi merupakan stimulasi yang diberikan sejak lahir yaitu sejak janin berusia 6 bulan dalam kandungan. Aktivitas perkembangan otak balita seperti stimulasi yang dilakukan setiap hari untuk merangsang seluruh sistem indera pendengaran, penglihatan, perabaan, penciuman dan pengecapan.

 

Latih Kemampuan Otak Si Kecil

Anda dapat melatih stimulasi dengan merangsang keterampilan motorik kasar dan halus kaki, tangan dan jari, mengundang komunikasi dan membuat anak Anda bahagia dengan membuatnya aman dan bebas dari gangguan, serta hindari stres ketika mengasuhnya. Hal ini tentunya sangat baik untuk tahap perkembangan otak anak. 

Stimulasi yang dilakukan sejak lahir, terus menerus, bervariasi, dengan suasana bermain dan kasih sayang, akan merangsang berbagai aspek kecerdasan anak seperti kecerdasan matematis, kecerdasan emosional, komunikasi linguistik, kecerdasan musikal, motorik, seni rupa dan lainnya. .

Stimulasi Otak Anak Berdasarkan Usia Si Kecil

 

1. 0 – 3 bulan

Tahap perkembangan otak bayi usia 3 bulan, bayi dapat memegang, memeluk, menatap mata, tersenyum, berbicara, bergantian membuat suara atau musik yang berbeda, menggantung dan memindahkan benda berwarna cerah, membunyikan bel, menggulingkan bayi dari sisi ke sisi, berbaring telentang punggung, dirangsang untuk meraih dan memegang mainan.

 

2. 3 – 6 bulan

Melatih kecerdasan bayi usia 3-6 bulan harus mencakup bermain petak umpet, melihat wajah bayi dan ibu di cermin, dirangsang untuk tengkurap, punggung dan duduk.

 

3. 6 – 9 bulan

Cara merangsang bayi usia 6-9 bulan yaitu dengan memanggil namanya, mengajaknya berjabat tangan, bertepuk tangan, membacakan dongeng, dan merangsang duduk dan berdiri saat ia belajar berjalan.

 

4. 9 – 12 bulan

Merangsang tumbuh kembang anak dapat dilakukan dengan mengulang-ulang nama Ibu, Ayah, Kakak, memasukkan mainan ke dalam wadah, minum dari cangkir, menggulirkan bola, belajar berdiri, belajar berjalan sambil berdiri.

 

Tips Stimulasi Otak Anak Usia Dini

Melatih kecerdasan bayi bisa dilakukan setiap kali ada kesempatan, setiap hari terus menerus, keragaman, konsisten dengan usianya di mana harus berlangsung dalam suasana yang menyenangkan dan ceria namun tidak terburu-buru. Pastikan juga telah memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan MPASI yang memiliki berbagai kandungan nutrisi penting untuk otak. 

Deskripsi : melatih kecerdasan bayi bisa dilakukan sejak dini sesuai dengan usia dan kemampuannya.

Related Post

leave a Comment