Lifestyle

Panduan Memilih Sepatu Bayi yang Nyaman Dipakai

Posted On
Posted By admin

Selain pakaian, sepatu juga akan termasuk ke daftar barang yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Apalagi jika si kecil sudah memasuki usia dimana ia mulai merambat dan belajar berjalan. Tentu dibutuhkan sepatu bayi yang nyaman untuk membuat ia terbiasa berjalan dan beraktivitas memakai sepatu.

Membeli Sepatu Anak

Ada banyak sekali pilihan produk sepatu yang didesain untuk kaki mungil si kecil. Tentu orang tua harus selektif memilih produk sepatu yang tepat agar tidak berbahaya saat dikenakan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dipakai untuk memandu Anda saat memilih sepatu untuk buah hati tercinta:

1.     Pilih yang Ringan

Agar si kecil bisa nyaman memakai sepatu, sangat disarankan untuk memilih produk sepatu yang ringan. Tentu ringan atau tidaknya sepatu akan dipengaruhi oleh bahan yang digunakan. Belilah sepatu yang terbuat dari bahan ringan sehingga bisa memberi kesan si kecil seolah berjalan tanpa beban sepatu. Ini akan mempermudah si kecil melangkah meskipun ia menggunakan sepatu.

2.     Perhatikan Sol Sepatu

Selain bahan, perhatikan juga sol sepatu yang digunakan. Bahan sol harus berkualitas agar sepatu tidak mudah rusak. Selain itu material sol yang dipakai juga sebaiknya tidak licin sehingga si kecil bisa berjalan tanpa takut tergelincir. Jika sepatu akan dipakaikan kepada bayi yang belum waktunya belajar berjalan maka bisa dipilih sepatu kain saja tanpa sol yang berat.

3.     Hindari Sepatu Bertali

Sangat disarankan untuk tidak memakaikan sepatu bertali kepada si kecil. Sepatu dengan model tali akan sangat berbahaya bagi si kecil. Jika tali terlepas maka bisa berpotensi membuat anak terjatuh saat belajar berjalan. Kondisi ini tentu bisa berakibat fatal misalnya menyebabkan anak jadi trauma berjalan. Jadi, lebih baik pilih jenis sepatu yang simpel tanpa model tali yang ribet.

4.     Pilih Bahan yang Nyaman

Pilihlah sepatu bayi dengan bahan yang super nyaman. Kenyamanan si kecil menjadi perhatian utama dan tidak boleh diabaikan. Jika bahannya nyaman maka anak akan betah memakai sepatu tersebut. Apalagi untuk anak yang belum bisa berjalan dan memakai sepatu untuk keperluan aksesoris. Pilih produk sepatu yang nyaman dan bahannya lembut sehingga tidak akan melukai kulit kaki.

5.     Gunakan Ukuran yang Tepat

Pastikan Anda sudah mengetahui ukuran kaki si kecil sebelum membelikannya sepatu. Belilah sepatu dengan ukuran yang pas agar terasa nyaman saat digunakan. Sepatu yang ukurannya pas juga pasti akan lebih terasa nyaman saat dipakai berjalan. Selain itu jika ukurannya pas, kaki si kecil tidak akan mengalami lecet.

 

Lalu bagaimana jika Anda membeli sepatu di toko-toko online? Ukur saja telapak kaki si kecil menggunakan penggaris atau meteran. Biasanya toko online yang menjual sepatu sudah menyediakan chart ukuran sepatu sesuai dengan ukuran kaki si kecil. Ini akan mempermudah Anda untuk mendapatkan sepatu dengan ukuran yang sesuai.

6.     Pilih Desain yang Simpel

Jangan memilih produk sepatu dengan desain yang rumit. Karena akan dipakai oleh bayi maka lebih disarankan untuk memilih sepatu yang desainnya simpel. Desain sepatu yang simpel akan membuat si kecil jadi merasa lebih nyaman. Selain itu desain yang simpel juga akan membuat si kecil jadi lebih aman berjalan tanpa takut tersandung.

 

Itulah panduan memilih sepatu bayi yang bisa diikuti oleh para orang tua. Pastikan produk sepatu yang dipilih sudah sesuai baik dari segi desain juga size sepatunya. Ajak si kecil untuk terbiasa memakai sepatu sehingga ia tidak akan kesulitan saat harus berjalan memakai sepatu nantinya.

Sumber:

https://www.blibli.com/friends/blog/belanja-hemat-perlengkapan-bayi/

https://www.birdsnbees.co.id/blog/sepatu-bayi/

https://www.orami.co.id/magazine/ini-5-hal-yang-perlu-diketahui-saat-memilih-sepatu-bayi/

 

Related Post

leave a Comment