Lifestyle

Rehabilitasi Narkoba atau Penjara?

Posted On
Posted By admin

Pecandu narkoba tidak selamanya harus dipenjara. Pemerintah mengambil langkah lebih mengedepankan rehabilitasi narkoba bagi para pemakai NAPZA ketimbang membuat penjara lebih penuh sesak.

Pecandu Wajib Lapor untuk Rehabilitasi Narkoba

UU No.35 Tahun 2009 pasal 54 tentang narkotika menyatakan bahwa pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalankan rehabilitas medis dan sosial. Merujuk pada UU tersebut, maka BNN kini telah membuka fasilitas online untuk pelaporan diri secara individu melalui website BNN.

Pelapor hanya tinggal melakukan pendaftaran dengan mengisi kartu identitas (KTP/SIM/Pasport) kemudian mengisi formulir pendaftaran yang tersedia.

Untuk kasus pemakai yang tertangkap razia, maka akan dilakukan penyidikan mendalam apakah hanya memakai atau terlibat sindikat. Jika hanya memakai maka BNN akan langsung mengirimkan ke pusat rehabilitas terdekat tanpa melalui proses pengadilan. Rehabilitasi narkoba dapat dilakukan di sini: https://ashefagriyapusaka.co.id

Tahapan Rehabilitasi Narkoba

Dalam melakukan rehabilitasi, tentunya ada tahapan-tahapan tersendiri yang harus dilakukan oleh dokter yang bekerja. Semuanya agar pecandu dapat sembuh dengan total dan dapat kembali beraktivitas dengan normal di masyarakat.

Rehabilitasi Medis (Detoksifikasi)

Dokter akan melakukan pemeriksaan pada kondisi pecandu untuk memastikan tingkat kecanduan yang diderita. Kemudian akan ditentukan langkah rehabilitasi narkoba secara medis yang akan diambil guna menghilangkan efek kecanduan sedikit demi sedikit.

Rehabilitasi Nonmedis

Pada tahap ini, pecandu akan diberikan berbagai kegiatan pemulihan terpadu, seperti: konseling, terapi kelompok, dan pembinaan spiritual agama. Pecandu akan dibantu mengenali diri sendiri lebih dalam, akar permasalahan yang dialami hingga sampai jatuh dalam belenggu narkoba. Selain itu adanya sesi terapi secara kelompok akan membantu psikologis pecandu untuk saling memberikan semangat satu sama lain.

Bina Lanjut (Aftercare)

Merupakan tahap rehabilitasi lanjutan, dimana pecandu akan diberikan ruang untuk berkreasi sesuai minat bakat yang dimiliki agar tetap produktif bekerja dan berkarya.

Setelah benar-benar bebas dari ketergantungan, pecandu akan dikembalikan ke masyarakat namun tetap dalam pengawasan BNN.

Peran dukungan keluarga dan masyarakat sangat penting artinya dalam proses rehabilitasi narkoba bagi pecandu. Agar mereka benar-benar bisa melepaskan diri dari ketergantungan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Jika ada kerabat terdekat anda yang mengalami masalah ketergantungan narkoba, segera laporkan ke pusat rehabilitasi terdekat untuk mendapat panduan khusus. Dukungan anda akan sangat berarti.

Related Post

leave a Comment