Otomotif

Tips Benar Dan Aman Mengisi BBM Di SPBU

Posted On
Posted By admin

Sebagai pemilik kendaraan bermobil tentunya menjaga kendaraan agar terciptanya berkendara yang nyaman dan aman wajib hukumnya,. Bukan hanya memiliki asuransi mobil  untuk kendaraan saja, namun memilih bahan bakar yang terbaik tentunya patut diperhatikan guna menjaga performa kendaraan Anda. Mengisi bahan bakar di SPBU merupakan aktivitas yang tidak asing dilakukan oleh pengendara kendaraan, bahkan telah menjadi sebuah rutinitas. Tentunya Anda pernah mendengar insiden kendaraan yang terbakar bahkan meledak pada saat pengisian BBM, hal itu tentu saja membuat ngeri, bahkan peristiwa tersebut dapat menimbulkan korban jiwa Sudah sepatutnya sebagai pengendara, Anda harus mengetahui cara mengisi BBM yang benar dan aman di SPBU, guna menghindari kejadian tersebut. Untuk itu simak tips berikut ini ya.

  1. Kenali Letak Tangki Bahan Bakar

Hal basic yang patut pengendara ketahui ialah mengenal di mana letak tangki pengisian bahan bakar. Setiap kendaraan memiliki jenis tangki dan letak yang berbeda-beda. Untuk dapat mengetahui dengan mudah dimana letak tangki tersebut berada, Anda hanya perlu memperhatikan tanda panah pada icon tangki di dashboard layar mobil Anda. Pastikan Anda hapal dimana letaknya berada, dan memposisikan tangki Anda berada dekat dengan tempat pengisian, karena jika tidak sesuai maka petugas akan menarik selang pengisian lebih panjang kearah sebaliknya, dan berpotensi menimbulkan bahaya.

 

  1. Mematikan Mesin Mobil

Hal selanjutnya yang wajib pengendara lakukan pada saat mengisi BBM ialah mematikan mesin kendaraan. Bahkan hal ini juga tercantum dalam peraturan di Pom Bensin, namun masih banyak pengendara yang melanggar peraturan ini karena malas. Padahal tidak mematikan mesin kendaraan berpotensi menyebabkan kebakaran. Mesin mobil yang menyala dapat menimbulkan percikan api jika terkena uap panas bahkan dapat menimbulkan ledakan yang besar.

 

  1. Amati Volume Awal Bahan Bakar

Agar menghindari kecurangan yang terjadi akibat oknum yang nakal, sebelum mengisi bahan bakar sebaiknya Anda perhatikan volume awal sebelum mengisi. Dengan begitu Anda sudah tau persis dan paham seberapa banyak volume bahan bakar yang akan bertambah pada pengisian. Memahami jumlah volume juga dapat menghindari bahan bakar yang tercecer dan luber. Sebab bahan bakar yang berlebihan hingga tumpah ke body mobil dapat menimbulkan percikan api.

 

  1. Meteran Mulai Dari 0

Selain mengamati jumlah volume awal, ketika pengendara mengisi bahan bakar di SPBU sebaiknya meminta petugas untuk memulai dari 0. Meski hal tersebut merupakan prosedur tetap dan banyak petugas yang menerapkannya, tidak ada salahnya Anda mengigatkan jikalau petugas lupa dan tidak berbicara mengenai memulai meteran dari 0. Hal ini tentu saja dilakukan agar terhindar dari kecurangan.

 

Selain beberapa tips mengisi BBM di SPBU di atas, hal yang paling penting ialah menjaga kondisi mobil yang Anda kendarai. Jangan sampai ada kerusakan pada mobil seperti kebocoran pada kabel busi sehingga dapat menyebabkan percikan api. Untuk itu disarankan Anda untuk selalu menservis rutin kendaraan Anda agar kondisinya prima, tidak lupa juga untuk membeli asuransi mobil dari MSIG yang bisa didapat pada link berikut https://www.msigonline.co.id/asuransi-kendaraan-bermotor-id agar kenyamanan dan keamanan dalam berkendara Anda terjamin.

Related Post

leave a Comment