Bisnis

Tips Investasi Aman agar Terhindar dari Kerugian

Posted On
Posted By admin

Di era yang sudah serba digital seperti sekarang ini jenis investasi memang telah mulai banyak bermunculan. Namun akan tetapi masyarakat masih banyak yang belum mengetahui mengenai bagaimana cara yang mudah dan aman dalam melakukan kegiatan investasi. Tips aman di dalam investasi pun seringkali menjadi sebuah topik yang kerap ditanyakan oleh seorang pemula yang di sini baru ingin memulai kegiatan investasi.

Banyak dari mereka yang ketakutan bahwa investasi akan mengakibatkan kehilangan uang. Tidak sedikit juga yang beranggapan investasi memerlukan modal yang besar, padahal ada beberapa jenis investasi yang disini hanya memerlukan modal minim. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh karena kurang pengetahuan mengenai investasi.

Sebelum masuk dalam pembahasan maka ada baiknya Anda perlu mengetahui apa pengertian dari kegiatan investasi itu sendiri. Investasi merupakan penanaman aset maupun dana yang dilakukan oleh perusahaan ataupun perorangan dalam jangka waktu tertentu agar bisa memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar di masa depan.

Hal tersebut mencakup beberapa hal di dalam aktivitas di antaranya yaitu jumlah dana yang ingin divestasikan dan juga tujuan dari kegiatan investasi itu sendiri. Seperti yang telah disebutkan bahwasannya investasi merupakan salah satu cara yang dilakukan guna mengembangkan jumlah uang maupun harta yang Anda miliki saat ini. Sebelum memulai kegiatan investasi, maka tentukan lebih dahulu tujuan Anda di dalam melakukan kegiatan tersebut.

Apa Saja Tips Investasi Aman?

 

Jangan Mudah Tergiur

Tips melakukan kegiatan investasi Aman yang pertama yaitu sebaiknya Anda jangan mudah tergiur. Pastikan disini Anda tidak mudah tergiur dengan janji keuntungan yang terbilang tidak wajar. Anda perlu berpikir secara logis, rasional dan juga realistis. Pertimbangkan mengenai kerugian, keuntungan dan resiko yang bisa saja dihadapi.

Pelajari dengan Seksama Jenis Investasi

Yang tak kalah penting untuk Anda ketahui di sini yaitu pelajari mengenai jenis investasi. Pengetahuan mengenai jenis investasi tersebut memang sangat penting untuk Anda ketahui. Karena tiap jenis investasi mempunyai sistem dan cara yang berbeda-beda. Namun meski begitu tetap mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk memperoleh keuntungan besar di masa mendatang.

Jangan Memakai Seluruh Uang Anda

Sebuah usaha disini memang memerlukan pengorbanan, terlebih lagi hal tersebut berkaitan erat dengan masalah uang. Alangkah baiknya Anda tidak gagal dalam melakukan penanaman modal di awal. Hal tersebut dilakukan dalam upaya untuk meminimalisir keuangan serta agar tidak mengalami kerugian materi lain nantinya.

Pastikan Investasi Diawasi Oleh OJK

Pastikan nantinya investasi yang hendak Anda pilih tersebut benar-benar sudah tercatat resmi di otoritas Jasa Keuangan. Hal tersebut dilakukan agar Anda terhindar dari kejahatan investasi bodong. Tentunya Anda tidak ingin mengeluarkan jumlah uang besar akan tetapi ternyata perusahaan atau pihak yang menjadi perantara hanyalah pihak abal-abal. Oleh karena itu, langkah yang penting untuk dilakukan yaitu Anda harus melihat apakah investasi tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau tidak.

Perhatikan Masalah Legalitas

Ini merupakan hal yang tak kalah penting di dalam mengetahui sebuah perusahaan yang di sini menawarkan investasi apakah aman atau tidak. Pastikan pihak yang menawarkan produk investasi tersebut sudah mempunyai izin di dalam menawarkan produk investasi atau di sini mereka sudah tercatat sebagai mitra pemasar yang mempunyai izin sebagai salah satu lembaga yang berwenang.

Perhatikan Identitas dari Sebuah Perusahaan

Masih berhubungan dengan poin pertama yaitu jika nama perusahaan yang menawarkan jasa investasi tidak jelas maka tentunya hal tersebut akan membuat Anda kesulitan untuk melakukan crosscheck apakah perusahaan tersebut benar-benar aman atau tidak.

Dan selain itu juga Anda perlu melakukan pengecekan alamat kantor perusahaan tersebut apakah alamat yang dicantumkan merupakan alamat yang sebenarnya atau hanya fiktif saja. Jika ternyata alamat kantor perusahaan tersebut fiktif maka sudah jelas dan dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut hanyalah perusahaan bodong.

Itulah tadi beberapa tips aman dalam melakukan kegiatan investasi yang perlu untuk Anda ketahui. Melakukan aktivitas investasi memang akan memberikan banyak keuntungan bagi Anda di masa mendatang. Yang tak kalah penting di sini Anda harus mengetahui bagaimana tips untuk melakukan investasi aman agar terhindar dari kerugian. Salah satu pilihan jenis investasi Aman yang bisa anda gunakan yaitu P2P lending.

Related Post

leave a Comment