Lifestyle

Wanita Karier, Inilah Tips untuk Merencanakan Keuangan Anda

Posted On
Posted By admin

Setiap perempuan bekerja memiliki cara tersendiri dalam mengelola keuangannya. Ada yang menyisihkan sebagian gajinya untuk ditabung atau dijadikan dana darurat, ada yang sudah melengkapi dirinya dengan produk-produk asuransi, ada pula yang sudah rutin menyimpan sebagian penghasilannya untuk produk investasi. Tipe yang manakah Anda? Jika Anda belum masuk ketiga tipe di atas, artikel berikut akan memberikan beberapa tips merencanakan keungan sesuai jenjang umur Anda. Disimak, ya!

 

  1. Investasi untuk perempuan umur 20-an

Apakah Anda wanita karier yang berusia 20-an tahun? Di usia ini, kebanyakan perempuan bekerja belum memiliki banyak tanggungan keuangan seperti orang-orang yang sudah berumah tangga atau yang memiliki cicilan tetap. Hal ini tentu akan membuat Anda punya keleluasaan lebih untuk mengelola keuangan sendiri, termasuk untuk memulai berinvestasi.

Untuk itu, tips pertama yang perlu dilakukan untuk merencanakan keuangan adalah menempatkan sejumlah dana darurat kedalam rekening terpisah. Jumlah dana darurat ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, nominal dana darurat yang aman sekitar 3-6 kali pengeluaran bulanan Anda. Setelah itu, belilah polis asuransi yang tepat untuk mengelola risiko kesehatan dan keselamatan Anda. Kemudian, barulah Anda caritahu dan pelajari secara detail tentang investasi. Jangan lupa juga untuk mempelajari terlebih dahulu bentuk investasi apa yang cocok dengan profil keuangan Anda.

 

  1. Investasi untuk perempuan umur 30-an

Wanita karier berusia 30-an kemungkinan sudah membangun keluarga. Tentu akan terasa jauh berbeda ketika Anda masih berumur 20-an, sebab pengeluaran semakin meningkat seiring dengan bertambahnya anggota keluarga yang baru. Maka dari itu, Anda perlu mengelola keuangan agar berjalan dengan stabil, termasuk memilih investasi yang lebih aman (rendah risiko) dan sesuai dengan kebutuhan keluarga. Jika Anda dan pasangan sudah memiliki keturunan, tentu pendidikan anak menjadi salah satu prioritas penting yang harus diperhatikan, mengingat dana pendidikan meningkat setiap tahunnya. Untuk investasi terkait pendidikan, ada banyak yang dapat dipertimbangkan, seperti tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, reksa dana pendidikan, serta pilihan investasi lain yang terhitung aman dan untuk masa depan anak dan keluarga Anda.

 

  1. Investasi untuk perempuan umur 40-an

Nah, untuk Anda yang sudah memilih dan melakukan investasiĀ  jangka panjang tepat di usia 20-an, maka pada usia ini Anda tinggal menikmati hasilnya. Sejumlah hasil investasi tersebut akan menambah pundi-pundi rupiah Anda dan membuat kondisi keuangan semakin kuat. Di saat seperti ini, Anda bisa fokus dan mengalokasi kan uang untuk persiapan dana pensiun yang lebih maksimal, sehingga keuangan akan menjadi lebih stabil di usia pensiun nanti.

Itu dia tips merencanakan keuangan sesuai usia Anda sekarang. Apakah informasi di atas cukup membantu?

Related Post

leave a Comment